Selasa, 04 Oktober 2016

Numerical Problems

Numerical problems atau penyelesaian masalah dengan metode numerik merupakan penyelesaian dimana masalah matematika diformulasikan sedemikian rupa sehingga dapat diselesaikan oleh pengoperasian aritmetika. Penyelesaian numerik dilakukan dengan perkiraan yang berurutan (iterasi), maka tiap hasil akan lebih teliti dari perkiraan sebelumnya. Disisi lain, metode ini merupakan semacam sarana  yang efisien untuk mengenal karakteristik komputer dan mendesain algoritma, diagram alur dan menulis program komputer sendiri.

A. Penggunaan Metode Numerik

Metode numerik digunakan untuk menyelesaikan persoalan matematis yang penyelesaiannya sulit didapatkan dengan menggunakan metode analitik, contoh pemakaian metode ini diantaranya untuk menyelesaikan masalah-masalah berikut :

  1.   Persamaan non linier.
  2. Persamaan simultan.
  3. Differensial dan integral.
  4. Persamaan differensial, dll.

B. Prinsip Penggunaan Metode Numerik

Metode numerik tidak digunakan begitu saja tanpa pertimbangan lain, adapun prinsip-prinsip dalam penggunaan metode ini, diantaranya :

  1. Metode numerik digunakan jika metode analitik tidak dapat digunakan lagi.
  2. Metode numerik merupakan pendekatan untuk mendapatkan pemecahan masalah yang
        dapat dipertanggung jawabkan secara analitik.
  3. Pendekatan metode numerik merupakan analisis matematis.
  4. Metode numerik terdiri atas algoritma-algoritma yang dapat dihitung secara cepat dan
        mudah karena berasal dari alogaritma pendekatan, maka Metode Numerik ini akan
        memakai iterasi (penelusuran).

C. Tujuan Penggunaan Metode Numerik

Penggunaan metode numerik diharapkan dapat mengatasi berbagai kelemahan-kelemahan metode yang ada sebelumnya. Dapat dipahami pula bawa pada umumnya permasalahan dalam sains dan teknologi digambarkan dalam persamaan matematika. Persamaan ini sulit diselesaikan dengan model analitik sehingga diperlukan penyelesaian pendekatan numerik. Dengan metode numerik, manusia terbebas dari hitung menghitung manual yang membosankan . Sehinggga waktu dapat lebih banyak digunakan untuk tujuan yang lebih kreatif, seperti penekanan pada formulasi problem atau interpretasi solusi dan tidak terjebak dalam rutinitas hitung menghitung. Metode numerik hanya bisamemberikan solusi yang mendekati atau menghampiri solusi sejati sehingga solusi numerik dinamakan juga solusi hampiran ( approximationsolution).

Sumber :

Munir, Rinaldi. metode numerik. Informatika. Bandung: 2013.
https://id.wikipedia.org/

Bagikan

Jangan lewatkan

Numerical Problems
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.